Tips berwisata Pantai di Jogja

Tips berwisata Pantai di Jogja

Tips berwisata Pantai di Jogja


Udah jadi pengetahuan umum, kalo pantai di Jogja itu keren-keren sehingga bejibun wisatawan yang datang ke pantai-pantai di Jogja. Untuk itu kami mau bahas khusus mengenai tips berwisata di pantai agar kamu gak kagok atau kena masalah ketika berwisata pantai di Jogja.

1. Pantai Pasir Putih dan Hitam
Jika kamu ingin bermain di pantai yang berpasir putih, datanglah ke daerah Gunungkidul, Jangan ke daerah Bantul atau Kulonprogo, Kamu akan kecele. Sebaliknya jika kamu pengen bermain pantai yang pasirnya hitam, ke Gunungkidul gak akan ketemu. Perbedaan warna pasir merupakan hasil evolusi alam selama ribuan tahun, bukan disengaja, Karena gimana caranya manusia bisa membuat perbedaan warna pasir di pesisir pantai Jogja? 

2. Semua Pantai di Wilayah Jogja Tidak Aman Buat Berenang.
Jika kamu sering ke pantai di daeerah pesisir Pantura, mungkin kamu bisa bermain-main ke tengah pantai hingga batas dada. Memang kontur antara Pantai Utara dan Selatan Pulau Jawa berbeda. Pantai Selatan lebih terjal dan curam dan berombak ganas, karena lautnya adalah laut lepas, atau dinamakan Samudera Hindia yang terkenal ombaknya tinggi dan keras. Sedangkan Pantai utara hanya Pantai dengan kedalaman tidak se-jeru Samudera Hindia. Ombaknya pelan. Pantai Utara Jawa termasuk kategori Selat, yaitu Laut yang memisahkan antara dua pulau.

Tips berwisata Pantai di Jogja
Larangan berenang dari Pemerintah

Hampir seluluh pesisir pantai selatan tidak aman buat bermain, berenang, mandi, kungkum atau slulup. Pasti ada tanda larangan untuk berenang. Meski demikian ada beberapa pantai memiliki lekukan / ceruk / teluk kecil yang menjorok kedarat, sehingga ombak tidak langsung menuju ke bibir pantai dengan keras. Di beberapa pantai di Jogja terdapat zona yang aman untuk bermain air, seperti di Pantai Wediombo, Pantai Ngrenehan, Pantai Glagah, Nglambor. Dipantai pantai tersebut kamu bisa berenang, bermain kano atau malah snorkeling.
Kalau di pantai kamu banyak melihat orang bermain air dipinggiran bahkan berani sampai ketengah laut, padahal di pintu masuk sudah ada tanda dilarang berenang, biasanya mereka tidak memahami/membaca peraturan, main nyemplung aja. Ini yang berbahaya.

3. Kontur Pantai Selatan Yang Terjal 
Jika kamu ngebayangin piknik ke pantai lalu mau naik kuda di pinggiran pantai di daerah Gunung kidul, maka itu akan sulit kamu temui, berbeda jika di daerah Bantul, kamu akan menemui fasilitas kuda, bendi atau ATV. Meski demikian ada juga pantai di Gunungkidul yang mempunyai fasilitas mainan ATV.
Tidak semua pantai di Jogja 'berbibir' bukit karang. Namun sering kita temui "reef" atau karang yang berada di pesisir pantai. Saat air surut biasanya banyak orang bermain-main sampai ke tengah. Namun jangan lupa, namanya karang itu pasti terjal, termasuk terjal buat kakimu. Oleh karena itu kalo mau bermain diatas karang, sebaiknya memakai sandal. 

Tips berwisata Pantai di Jogja
Pakailah Sendal untuk bermain di atas reef dan menghindari bahaya hewan laut

4. Hewan Laut yang Berbahaya
Bermain-main diatas Reef memang ada keasyikan tersendiri, diatas Reef akan kita temukan keanekaragaman biota laut dari mulai ikan, kepiting, kerang, udang, ular, ganggang laut, rumput laut dll. Yang kamu harus waspadai adalah hewan-hewan yang berbahaya seperti sea urchin dan ubur-ubur. Jika kamu kena sengatan nya, dipastikan akan terasa sakit dan kadang sangat gatal. So, kamu harus berhati-hati agar kulitmu yang halus mulus tidak digigit hewan-hewan nakal. 

5. Ombak yang Berlawanan (Rip Current)
Sudah pernah dengar Rip Current? Ini hal yang musti kamu pahami jika bermain di pantai daerah Jogja dan Pantai bagian selatan Jawa pada umumnya. Ombak di pantai selatan terkenal ganas, deras dan besar. Nah, pada saat ombak tersebut menghempas mencapai daratan (Turbulence Current), akan terjadi arus balik (Rip Current) di atas dan dibawah permukaan air laut yang besar pula. Dikarenakan perbedaan kedalaman pantai yang bervariasi, Rip current menjadi sangat berbahaya saat berada pada cekungan pantai yang dalam. Karena Rip current akan menarik apa saja yang ada diatasnya dan menyeretnya ke kedalaman dan ketengah laut. Terkadang Rip Current juga berputar-putar di bawah air jika kontur pantainya memang dalam atau ada cekungan. Kebanyakan orang yang terseret ombak, disebabkan oleh tarikan Rip Current ini (lihat gambar paling atas). 

Tips berwisata Pantai di Jogja
Mitigasi Rip Current

Orang  yang terseret Rip Current akan tertarik ke arah yang berlawanan dengan arus normal sesuai arah angin laut. Jika lokasinya terseretnya masih landai, masih akan terlihat di permukaan, akan tetapi jika terseret pada tempat yang dalam, maka korban akan tersedot kebawah permukaan dan terbentur karang. Kebanyakan, karena lama berpusar di bawah permukaan air laut akhirnya meninggal, bisa karena luka atau karena Hipotermia (Jadi inget Gita Gutawa). Bahkan terkadang, setelah beberapa waktu, tubuh korban baru bisa ditemukan, karena terjebak pada karang atau pusaran arus dibawah permukaan air laut. Mengerikan ya, makanya hati-hati ya.

6. Kealamian Pantai Di Jogja
Tidak semua pantai di wilayah Jogja bisa dikunjungi langsung ke pesisirnya dengan menggunakan alat transportasi. Ada pantai yang masih alami, dimana kamu harus hiking / trekking terlebih dahulu untuk mencapai bibir pantai. Sepintas berasa bakalan capek duluan, tapi jangan salah, pemandangan sekitar pantai yang masih asri dan alami, akan menghilangkan rasa capekmu. Bahkan ada yang harus naik ojek untuk bisa sampai ke lokasi wisata. Sepanjang harganya masuk akal sih, saran kami sih, ikutin aja. Dan tidak semua pantai di Jogja mempunyai penginapan , cottage atau resort. Banggalah kamu bisa bermain ke tempat wisata yang proletar, murah, masih natural dan semua orang bisa mengaksesnya tanpa harus ijin sana ijin sini.
Tips berwisata Pantai di Jogja
Jembatan Gantung Pantai Timang. Foto Ig : @moi.groningen

7. Baju warna tertentu yang dilarang.
Di beberapa pantai di sekitar Jogja, Ada himbauan untuk tidak menggunakan baju/pakaian yang berwarna hijau pupus. Sampai saat ini kami belum menemukan korelasi antara warna hijau pupus dengan "kecelakaan" yang kerap terjadi. Namun kita ambil sisi positifnya saja. Hormati kearifan lokal sudah. Lagi pula andaikata sampai ada orang yang tenggelam, orang berpakaian hijau pupus lebih sulit dicari dari pada yang berpakaian kuning atau merah. Karena warnanya identik dengan air laut. Paham ya? Oh iya Satu lagi, Semua pantai di Jogja melarang orang memakai bikini, khusus untuk cowok.

8. Pantai untuk Ritual
Kalo kamu mau kaya, ya cari kerja yang halal, bersaing secra kompetitif, jangan main ke pantai trus minta kekayaan pada Ratu Kidul. Itu tidak proper dan tidak diperbolehkan dalam agama. Meski demikian, Kamu bisa menikmati berbagai sajian ritual di beberapa pantai di wilayah Jogja. Misalnya di Pantai Parangkusumo sering ada acara Labuhan, lalu di Pantai Ngobaran juga ada upacara keagamaan umat hindu saat hari raya Nyepi. Yang paling keren tentu saja ritual perjalanan Tukik menuju lepas Pantai Sedahan. Carilah info dan momen yang tepat untuk menikmati perjalanan hidup Tukik menuju lepas pantai. 
Tips berwisata Pantai di Jogja
Snorkeling di Pantai Nglambor. Foto Ig @nglambor_beach

9. Fasilitas Keren Pantai didaerah Jogja.
Berwisata ke pantai tak cuma buat pacaran aja, Banyak fasilitas keren yang bisa kamu nikmati. Misalnya Snorkeling di Pantai Nglambor, Naik Kapal di Pantai Ngrenehan, Cliffhanger di Pantai Siung, Bermain Kano di laguna Pantai Glagah, Mengambang di Pantai Wediombo, Mancing di Pantai Krakal atau Trisik, Menyantap ikan di gazebo Pantai Indrayanti, Pantai Depok atau Pantai Baron, Camping di Pantai Sedahan, Menikmati Sunset di Pantai Drini, Naik Kereta Gantung melintasi samudra di Pantai Timang, Gathering di Pantai Goa Cemara, Berlari-lari seperti film India di Pantai Sepanjang atau bermain Paralayang di Pantai Parangendog, dimana kamu bisa menerbangkan diri di angkasa menikmati view jogja dengan cara yang sangat berbeda.
Tips berwisata Pantai di Jogja
Paralayang di Parangendog. Foto Ig : @deirfanyusuf

Ada yang asik juga nih, Tapi ini khusus kita aja ya, jangan di kasih tau orang. Dulu kami sering ngintipin orang pacaran di Pantai Kuwaru, Itu dulu, waktu Pantai Kuwaru masih rungkut dan belum tertata dengan baik, kalo sekarang sih udah bagus pantainya. 

10. Terakhir, Kalau mau wisata ke pantai di Jogja siapkan segala sesuatunya mulai dari fisik, mental, duit, gadget, powerbank, MMC, sunblok, alat pancing, bekal makanan, baju ganti, dan lain-lain, Nah khusus untuk kendaraan atau pengantaran, serahkan pada kami saja. Biar kami yang capek mengantar dan memulangkan anda, Biar anda ngga capek akut setelah berwisata. Anda tinggal duduk manis sambil selfi-selfi, kalau kebelet pipis tinggal bilang aja, kalo ngantuk tinggal bobok. Bagaimana? Ditunggu ya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar